Belajar SEO - On Page SEO

Blog Bisnis Affiliate Marketing | Belajar SEO | Info Kontes SEO

Belajar SEO - On Page SEO


Belajar SEO - On Page SEO
Belajar SEO - On Page SEO - Setelah pada artikel Belajar SEO terdahulu, saya sudah membagikan beberapa ebook SEO secara gratis yang saya ambil dari produk Rahasia Master SEO, pada artikel ini saya kembali akan berbagi informasi yang masih berhubungan dengan SEO khususnya On Page SEO dan sumber artikel ini juga berasal dari produk Rahasia Master SEO




Onpage SEO adalah hal yang terpenting dalam teknik SEO khususnya untuk Algoritma  google hingga sampai kapanpun selain faktor dukungan dari Off Page SEO juga tentunya, karena sebagus apapun Off Page SEO sesuatu blog/website tanpa di dukung dengan Onpage SEO yang baik, tentu akan menimbulkan ketimpangan yang akan berdampak tidak akan maksimalnya blog/website anda di search engine

Secara garis besar On Page SEO terbagi menjadi 2 bagian yaitu :
  • Struktur Website/themes
  • Optimasi Konten
Struktur Website/Themes

Struktur website juga mempengaruhi optimasi kita disearch engine. Struktur disini untuk menghindari Over Optimasi dari themes yang berlebihan atau malah themes yang tidak teroptimasi sama sekali dari sisi strukturnya. 

Saya akan bahas untuk 2 Platform blog yang sering digunakan yaitu di blogspot dan Wordpress.

1. BLOGSPOT

Optimasi blogspot terbilang cukup mudah dan simple, banyak yang sudah membagikan teknik otimasi template dari blogspot. Intinya untuk optimasi blogspot disini saya hanya fokus pada struktur Tag Heading [H1-H3], sehingga tidak berlebihan dalam menempatkannya diblog kita.

Silakan masuk kehalaman template blogspot kemudian cari kode <head>. Silakan paste kode dibawah dibawah kode tersebut :

<link href='https://plus.google.com/idgoogleplusanda' rel='author'/> <link href='https://plus.google.com/idgoogleplusanda' rel='me'/> <meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/> <meta content='true' name='MSSmartTagsPreventParsing'/> <meta content='INDEX, FOLLOW' name='ROBOTS'/> <meta content='Global' name='Distribution'/> <meta content='NAMAANDA ' name='author'/> <meta content='namabloganda' name='copyright'/> <meta content='follow, all' name='spiders'/> <meta content='follow, all' name='webcrawlers'/> <meta content='follow, all, index' name='googlebot'/> <meta content='follow, all, index' name='Googlebot-Image'/> <meta content='follow, all' name='Scooter'/> <meta content='follow, all' name='msnbot'/> <meta content='follow, all' name='Slurp'/> <meta content='follow, all' name='ZyBorg'/> <meta content='2 days' name='revisit-after'/> <meta content='all, index, follow' name='yahoobot'/> <meta content='all, index, follow' name='bingbot'/> <meta content='id' name='language'/> <meta content='id' name='geo.country'/> <meta content='Indonesia' name='geo.placename'/> <meta content='general' name='rating'/> <b:include data='blog' name='all-head-content'/> <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title> <meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; | &quot; + data:blog.title + &quot; | &quot; + data:blog.pageName' name='keywords'/> <meta expr:content='data:blog.pageName' name='subject'/> <meta expr:content='data:blog.pageName' name='abstract'/> <b:else/> <title><data:blog.pageTitle/></title> </b:if> <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> <meta content='Deskripsi Blog' name='description'/> <meta content='keyword' name='keywords'/></b:if> <link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>

Silakan ganti dengan data dari website/blog anda. Untuk Deskripsi dan Keyword usahakan mengandung keyword. Selanjutnya optimasi untuk struktur title Blog dan title post. Cari kode seperti ini <div class='titlewrapper' Kemudian ganti atau samakan dengan kode dibawah ini :

<div class='titlewrapper' style='background: transparent'> <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'> <h1 class='title' style='background: transparent; border-width: 0px'><b:include name='title'/></h1> <b:else/> <h2 class='title' style='background: transparent; border-width: 0px'><b:include name='title'/></h2> </b:if> </div>

Lanjutkan dengan setting Title Post. Cari kode seperti ini : <a expr:name='data:post.id'/> Kemudian ganti dengan kode seperti ini :

<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'> <b:if cond='data:post.title'> <h2 class='post-title entry-title'> <b:if cond='data:post.link'> <a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a> <b:else/> <b:if cond='data:post.url'> <a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a> <b:else/> <data:post.title/> </b:if> </b:if> </h2> </b:if> <b:else/> <h1 class='post-title entry-title'> <b:if cond='data:post.link'> <a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a> <b:else/> <b:if cond='data:post.url'> <a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a> <b:else/> <data:post.title/> </b:if> </b:if> </h1> </b:if>

Setingan template ini biasanya sudah tersedia jika template yang anda gunakan adalah template SEO frendly. Anda bisa search diinternet sudah banyak yang share template-template yang telah mendukung Struktur TAG Heading baik untuk Title Blog maupun Title post. Mungkin saya tambahkan sedikit untuk optimasi Onpage blogspot Anda :
  • 1. Gunakan Title Blog (judul blog) sesuai dengan Keyword utama Anda
  • 2. Deskripsi blog wajib mengandung keyword Anda.
  • 3. Gunakan Themes/template yang load-nya cepat (Grade AA)
  • 4. Buang semua widget yang tidak diperlukan.
  • 5. Pasang Widget katagori di halaman homepage (untuk mengindeks halaman yang masuk disetiap katagorinya.
  • 6. Pasang Widget Recent Update/postingan terbaru dihalaman homepage (untuk mempercepat index postingan yang baru Anda buat)
2. Wordpress (SelfHost)

Untuk CMS wordpress ini yang perlu Anda setting dalam hal struktur biasanya sudah include kedalam themes yang kita gunakan. Untuk itu pastikan themes yang Anda gunakan SEO frendly sehingga Anda tidak perlu repot lagi melakukan edit themes yang Anda gunakan. Saya sendiri tidak pernah meng-edit themes yang tidak SEO frendly lebih baik saya langsung gunakan themes yang sudah SEO Frendly.

1. Setting
Setelah Anda melakukan install wordpress dan memasang themes yang sudah mendukung Struktur TAG Heading maka Anda bisa hapus Link bawaan wordpress. Setelah itu kebagian Settings > General, kemudian isi dengan nama Blog Anda dan Deskripsi Blog Anda (Ingat harus mengandung Keyword didalamnya) Kemudian lanjut Settings > Writing. Kemudian pada bagian Update Service isi list PING berikut :
=======================================================================
http://audiorpc.weblogs.com/RPC2
http://blog.with2.net/ping.php
http://blogpeople.net/ping
http://blogpeople.net/servlet/weblogUpdates
http://blogsearch.google.com/ping/RPC2
http://blogsearch.google.co.cr/ping/RPC2
http://blogsearch.google.co.id/ping/RPC2
http://blogsearch.google.co.jp/ping/RPC2
http://blogsearch.google.co.uk/ping/RPC2
http://blogsearch.google.com.au/ping/RPC2
http://blogsearch.google.com.co/ping/RPC2
http://blogsearch.google.com.do/ping/RPC2
http://blogsearch.google.com.ua/ping/RPC2
http://blogsearch.google.de/ping/RPC2
http://blogsearch.google.fr/ping/RPC2
http://blogsearch.google.gr/ping/RPC2
http://blogsearch.google.ie/ping/RPC2
http://blogsearch.google.it/ping/RPC2
http://blogsearch.google.jp/ping/RPC2
http://blogsearch.google.lt/ping/RPC2
http://blogsearch.google.nl/ping/RPC2
http://blogsearch.google.pl/ping/RPC2
http://blogsearch.google.pt/ping/RPC2
http://blogsearch.google.ro/ping/RPC2
http://blogsearch.google.ru/ping/RPC2
http://blogsearch.google.se/ping/RPC2
http://blogsearch.google.sk/ping/RPC2
http://blogsearch.google.us/ping/RPC2
http://ping.blo.gs
http://ping.blogs.yandex.ru/RPC2
http://ping.fc2.com/
http://ping.feedburner.com
http://ping.kutsulog.net/
http://ping.myblog.jp
http://ping.wordblog.de
http://rpc.blogbuzzmachine.com/RPC2
http://rpc.bloggerei.de/ping/
http://rpc.pingomatic.com/
http://rpc.reader.livedoor.com/ping
http://rpc.twingly.com
http://rpc.weblogs.com/RPC2
http://serenebach.net/rep.cgi
http://services.newsgator.com/ngws/xmlrpcping.aspx
http://www.blogpeople.net/servlet/weblogUpdates
http://xping.pubsub.com/ping
http://zhuaxia.com/rpc/server.php
=======================================================================

Atau Anda juga bisa menggunakan Plugin CBNet Ping Optimizer. Masukan semua list diatas kedalam settingan pluginnya. Lanjut lagi kebagian Settings > Permalinks, kemudian ganti dan pilih Postname.

2. Install Plungin
Untuk Plugin ini saran saya hanya cukup gunakan plugin yang memang kita gunakan dan benar-benar penting. Beberapa Plugin yang wajib Anda install :
  • WP SEO by Yoast
    Plugin ini lebih saya rekomendasikan dibandingkan plugin free lainnya seperti All in one SEO, SEO Ultimate dll.
  • Easy Privacy Policy
    Masuk ke settingan Easy Privacy Policy kemudian masukan nama blog dengan keyword Anda > lalu Create Pivacy Page
  • Google XML Sitemap
    Selanjutnya install plugin Google XML Sitemap. Kemudian atur settingannya pada bagian Sitemap 
Hanya itu saja Plugin wajib yang harus Anda install di website Anda. Selebihnya jika Anda ingin install plugin lain silakan saja asal tidak memberatkan server hostingan Anda.

OPTIMASI KONTEN

Untuk bagian Optimasi konten ini bisa Anda gunakan untuk platform Blogspot maupun Wordpress karena pada prinsipnya sama saja namun untuk Wordpress nanti ada tambahan untuk setting Plugin SEO ultimate yang sudah Anda istall sebelumnya.

Berikut ini 4 faktor yang wajib Anda perhatikan dalam konten. Faktor ini tidak akan pernah berubah sampai kapanpun walaupun Google melakukan Update Algoritmanya :

1. TITLE TAG CONTENT
Judul konten harus mengandung keyword utama Anda. Namun tidak menutup kemungkinan Anda bisa gunakan banyak keyword didalam title tag. Contohnya : “Grosir mukena cantik murah bandung” Keyword utama Anda Grosir mukena. Namun Anda dapat juga merangking keyword-keyword lain seperti :
  • Mukena cantik
  • Mukena murah
  • Mukena murah bandung
  • Grosir mukena murah
2. URL POST
Url juga harus mengandung keyword utama Anda. Sebaiknya edit pengaturan URL di setiap artikel yang akan di publish di sesuaikan dengan judul artikel agar keyword anda semakin kuat.

3. KEYWORD DENSITY
Anda tidak perlu pusing dengan keyword density atau pengulangan keyword didalam konten. Cukup gunakan keyword Anda sekali saja didalam konten. Usahakan letakan di awal kalimat. Itu saja sudah cukup, jangan terlalu banyak mengulang apalagi mamaksakan sebuah keyword didalam sebuah konten. Kalau memang tidak pas dimasukan maka jangan digunakan. Berfikirlah dari sisi visitor.

4. VARIASI KEYWORD
Seperti yang saya katakan diatas “cukup gunakan keyword utama 1x saja diawal paragraf”, sisanya Anda gunakan partial keyword atau similar/related keyword ataupun LSI dari keyword utama Anda. Namun ingat sekali lagi JANGAN memaksakan. Jika tidak cocok tetap jangan Anda masukkan.

Hanya 4 faktor itu saja yang wajib Anda perhatikan disetiap konten Anda.SIMPLE BUKAN..!!! Ya, Optimasi konten hanya sebatas itu saja. Anda jangan pernah direpotkan dengan Optimasi konten yang Aneh-aneh karena kebanyakan hanyalah mitos saja dan sama sekali tidak memiliki pengaruh di-search engine.

Namun ada beberapa faktor yang umum Anda dengar tetang Optimasi Konten dan mungkin akan membuat konten Anda lebih berkualitas bagi pengunjung web Anda. Yaitu sebagai berikut :

1. JUMLAH KATA
Banyak yang mempermasalahkan sebaiknya berapa kata yang baik untuk sebuah konten. Jawabannya tidak ada yang pasti!! Panjang atau tidak sebuah konten tidak terlalu berpengaruh dalam Search Engine Ranking Factor kalaupun berpengaruh akan sangat kecil sekali. Jadi apakah konten tidak harus panjang-panjang ?Jawabannya tidak juga. Konten yang panjang akan memberikan informasi lebih banyak kepada pengunjung Anda. Selain itu bisa meningkatkan lama kunjungan (Visit Duration) didalam website Anda.
Jadi intinya Jumlah kata tidak terlalu berpengaruh, Anda bisa gunakan 200 – 500 kata terserah Anda tentunya Artikel yang panjang lebih baik dari Artikel yang sedikit jumlah katanya. Tips : Untuk 10 Keyword utama yang kita dapatkan pada tahap research keyword, Anda buat Artikel Minimal 500 - 1000 kata. Untuk Keyword yang lain terserah mau menggunakan berapa kata.

2. TAG ALT IMG
Image/gambar juga bisa Anda gunakan didalm artikel dengan menggunakan TAG ALT sesuai keyword utama Anda.Namun jika konten Anda tidak membutuhkan gambar jangan dipaksakan untuk menampilkan gambar apalagi gambar yang trademark atau memiliki hak cipta. Biasanya website yang berisi tutorial (tutorial photoshop, corel, program software) yang wajib memberikan gambar untuk mempermudah user/visitor Anda

3. VIDEO
Sama seperti gambar, Anda bisa memasang Video didalam situs Anda untuk mempermudah visitor memahami apa yang Anda tuliskan. Contohnya misalkan website Anda tetang “Tutorial Hijab”maka memasukan video “cara menggunakan/memasang hijab” akan sangat membantu. Lagi-lagi jika konten Anda tidak membutuhkan video maka tidak perlu memasukan video.

4. INTERNAL LINKING
Memasukan internal link halaman/postingan Anda yang lain bisa membuat konten Anda lebih baik karena mendapat vote dari halaman yang lain yang mungkin memiliki Page Authority lebih baik. Selain itu juga bisa memperkecil Bounce Rate situs Anda.

5. TAG HEADING (H1–H3)
Memasukan berbagai macam Tag baik mulai dari Tag H1 sampai H3 merupakan struktur dari konten Anda. Namun yang terpenting disini adalah Tag H1 yang Anda gunakan dalam title post. Sedangkan Tag H3 bisa Anda gunakan untuk Sub Title didalam konten, namun jika Konten Anda tidak terlalu panjang dan tidak memiliki sub title maka tidak perlu memasukan Tag H3 ini karena nantinya konten Anda akan terlihat aneh bagi visitor Anda.

Konten is a king ?

Konten is a king Adalah perumpamaan yang ditujukan untuk Visitor Anda. Dengan kata lain,“Saat pengunjung masuk kedalam situs Anda maka Konten Anda lah yang baru berperan disana”. Ini yang sering disalah artikan oleh kebanyakan orang tentang makna “konten is a King” yang berasumsi bahwa “Hanya dengan konten yang berkualitas mereka bisa menempati posisi teratas google”. INI SALAH BESAR..!!!!
Memang benar ada yang membuktikan bahwa dengan hanya bermodal “konten berkualitas” bisa menempati posisi #1 google, namun Anda harus SADAR bahwa tidak semua kasus bisa Anda GENERALISASIKAN.

Saya pun pernah meranking kata kunci tertentu hanya dengan teknik research keyword dan konten yang berkualitas seperti artikel Cara Membuat Artikel Rangking 1 google yang sampai saat ini masih berada di page one dengan kata kunci "Cara Membuat Artikel Rangking 1" atau "Artikel Rangking 1" walau tanpa dukungan backlink sekalipun, namun saya tidak pernah menyamakan dengan semua kata kunci. Saya harus paham bahwa ada banyak faktor yang membuat sebuah konten berada di posisi teratas.

JADILAH EXPERT SEO yang melihat SEO adalah SEBUAH SENI dan TIDAK memandang hanya dari 1 sisi saja. Dengan begitu kita akan berhenti berkoar-koar bahwa SEO itu seperti INI, atau SEO itu seperti ITU.

SEO ITU SENI dan BUKAN ILMU 100% Pasti.

Setiap Postingan memiliki peran tersendiri dalam mendatangkan traffic melalui Search Engine, untuk itu jangan pernah Asal dalam membuat Konten Website Anda. Asumsinya seperti ini, lebih baik Anda hanya memiliki 10 konten namun semuanya bisa mendatangkan traffic untuk website Anda, dibandingkan Anda membuat 100 postingan secara asal-asalan.

Anda cukup Fokus pada 4 Faktor utama yang saya berikan diatas karena itu sangat mudah untuk Anda praktekan kedalam konten Anda. Jangan pusingkan dengan hal-hal yang belum tentu baik untuk konten Anda.

Demikianlah ulasan mengenai Belajar SEO - On Page SEO yang bisa saya tulis untuk anda agar bermanfaat dan seperti yang telah saya jelaskan di awal bahwa sumber artikel ini berasal dari produk Rahasia Master SEO yang menurut saya memang berisi pembelajaran lengkap tentang SEO baik untuk pemula atau yang sudah advence sekalipun, selain itu bukan hanya berisi ebook semata, tapi juga terdapat banyak sekali software untuk melengkapi aktifitas SEO,hanya saja yang sangat mengecewakan saya adalah karena admin Rahasia Master SEO ini adalah seorang penipu dengan tidak pernah di bayarnya komisi untuk affiliatenya (termasuk saya) yang telah bersusah payah mempromosikan dan ikut membantu menjual produk ini. Untuk info lengkapnya bisa anda lihat di artikel Di Balik Rahasia Master SEO

Sumber Rahasia Master SEO
Nb 1. Jika anda berminat dengan Ebook" dari produk Rahasia Master SEO silahkan menghubungi saya di Facebook dengan harga discount  tentunya atau bisa juga barter dengan Ebook" kepunyaan anda

NB 2. Mohon maaf jika kode" di atas tidak bisa di copy paste karena telah beberapa kali artikel di blog ini di copas sembarangan dan saya tidak ingin kejadian tersebut terjadi lagi. Mohon untuk di maklumi

Wassalam dan Terima Kasih
Bisnis Affiliate Marketing



@



6 komentar:

Belajar SEO ONPAGE mengatakan...

menarik sekali artikelnya, yang saya ingin tanyakan adalah apakah jika kita aktifkan meta tag deskripsi otomatis dari blogger bisa menyebabkan duplikat konten pada blog kita ? mohon penjelasannya

Odhzar Jhadeya mengatakan...

Klo menurut saya sih penggunaan meta tag deskripsi tidak akan menyebabkan duplikat konten, karena jika kita sudah mengaktifkan dan memasukkan deskripsi di setiap postingan, google bot hanya akan membaca & menampilkan deskripsi yang telah kita setting tersebut..

Setahu saya duplikat konten terjadi karena duplikasi dari halaman" URL di situs kita seperti halaman arsip atau bisa juga dari halaman URL yang berakhiran ?m=0 dan ?m=1 yang merupakan URL untuk fitur mobile dan akan terindek otomatis jika situs kita di akses menggunakan perangkat mobile, tp kita masih bisa mencegahnya dengan menambahkan rel='canonical' di dalam template..

Semoga membantu & maaf jika ada kesalahan..
Terima Kasih atas kunjungannya..

Belajar Blog mengatakan...

oh jadi begitu, terima kasih atas pemahamannya mas, menurut mas deskripsi yang bagus yang manual atau otomatis ?

Odhzar Jhadeya mengatakan...

Sama" gan..

Menurut saya, lebih baik memasukkan deskripsi secara manual pada setiap artikel yang akan kita buat, dengan terlebih dulu mengaktifkan deskripsi penelusuran

Pakar SEO mengatakan...

SEO sangat bermanfaat bagi para pebisnis online pemula... salam blogger

Jaket Kulit Anak mengatakan...

Untuk Keyword density memang bener banget gan, saya pernah eksperiment dengan keyword density mencapai 11% blog hilang dari serp, setelah di edit density menjadi 5% langsung melejit di halaman 2 :)

Poskan Komentar - Kembali ke Konten

Belajar SEO - On Page SEO