Cara Keluar Dari Google Sandbox

Blog Bisnis Affiliate Marketing | Belajar SEO | Info Kontes SEO

Cara Keluar Dari Google Sandbox

cara keluar dari google sanbox
Cara Keluar Dari Google Sandbox - Untuk kita blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah google sandbox, atau mungkin juga website anda pernah mengalami google sandbox.. Memang sangat menjengkelkan ketika kita sudah berusah keras siang & malam mengoptimasi salah satu artikel dengan kata kunci yang sudah kita targetkan, akhirnya harus terperangkap & masuk ke google sandbox..kerja keras kita menjadi sia" saja semuanya..

Hal ini juga yang saat ini sedang saya alami, artikel yang saya optimasi untuk sebuah kontes SEO, hari ini masuk ke google sandbox. Artikel yang sempat beberapa minggu berhasil menempati halaman pertama google.co.id akhirnya harus masuk perangkap google sandbox & di tendang google entah ke halaman berapa..hufftt..

Tapi saya tidak akan pernah menyerah begitu saja, kejadian ini saya anggap sebagai sebuah tantangan & menjadi pengalaman buat saya agar ke depannya bisa lebih mengerti ketentuan" yang diterapkan google. Untuk itu dengan niat & tekad yang kuat saya berusaha mencari cara keluar dari google sandbox dengan googling di google & alhamdullilllah saya mendapatkan beberapa sumber yang bisa menjelaskan apa itu google sandbox & bagaimana cara keluar dari goole sandbox. Ternyata memang banyak juga blogger yang mengalami hal yang demikian..

Tapi sebelum saya lanjutkan, saya jelaskan terlebih dahulu apa itu google sandbox. Berdasarkan situs yang selalu menjadi referensi saya "wikipedia", terdapat penjelasan seperti ini..
The Sandbox (a.k.a. Sandboxing or the sandbox effect or the Google penalty) is a name given to an observation about the way Google ranks web pages in its index. It is the subject of much debate—its existence has been written about since 2004 but not confirmed, with several statements to the contrary. (sumber wikipedia)

Setelah saya terjemahkan kira" artinya seperti ini..

Sandbox (atau Sandboxing, atau penalti dari Google) adalah semacam istilah terhadap pengamatan sistem google dalam menentukan peringkat halaman web dalam indexnya & hal ini masih menjadi topik yang selalu di perdebatkan semenjak tahun 2004 & masih menjadi perdebatan sampai sekarang karena belum ada pernyatan resmi tentang kontroversi tersebut

Mudah"an ke depannya google bisa lebih terbuka dengan membuat pernyataan resmi tentang hal ini dengan sejelas jelasnya agar kita blogger tidak harus kebingungan lagi dengan menerka nerka & mengambil kesimpulan sendiri..

Apa penyebab artikel masuk ke dalam google sanbox..!!?

Setelah sempat menganalisa artikel saya yang terkena google sandbox & dari beberapa sumber referensi lainnya , saya bisa sedikit menyimpulkan bahwa penyebabnya adalah

1. Optimasi yang terlalu berlebihan..
Ini merupakan penyebab utama terkena google sandbox, misalnya terlau banyak berkomentar di blog lain/harinya atau terlau sering submit artikel ke situs sosial boomark & jejaring sosial seperti di facebook & twitter atau bisa juga karena terlalu sering melakukan ping..Yang jelas optimasi apapun secara berlebihan bisa di anggap apam oleh google, jadi sebaiknya kita memang harus lebih berhati hati dalam melakukan optimasi, upayakan optimasi sewajarnya saja agar di anggap natural oleh google..

2. Pengulangan kata kunci yang berlebihan
Menurut pengamatan saya ini juga menjadi salah satu penyebab artikel saya terkena sandbox. Pengulangan kata kunci di dalam sebuah artikel memang di perlukan untuk optimasi secara SEO, tapi jika terlalu banyak melakukan pengulangan kata kunci bisa menyebabkan google mengganggap itu sebagai spamming & google sangat tidak menyukai hal tersebut..

3. Mendapatkan backlink secara berlebihan..
Kita pasti menginginkan jika web/blog kita mempunyai backlink yang banyak, tapi jika kita melakukan & mendapatkan dengan jumlah banyak dalam satu waktu yang singkat, pasti google akan curiga & menganggap itu sebagai link spam, seperti pernyataan dari wikipedia yang menyebutkan..
Google has long been aware that its historical use of links as a "vote" for ranking web documents can be subject to manipulation, and stated such in its original IPO documentation. Over the years Google has filed a number of patents that seek to qualify or minimise the impact of such manipulation, which Google terms as "link spam".

Link spam is primarily driven by search engine optimizers who attempt to manipulate Google's page ranking by creating lots of inbound links to a new web site from other web sites that they own. Some SEO experts also claim that the sandbox only applies to highly competitive or broad keyword phrases, and can be counteracted by targeting narrow, or so-called long-tail phrases (sumber wikipedia)
Setelah saya terjemahkan kira" seperti ini artinya..


Google telah lama menyadari bahwa penggunaan historisnya link sebagai "suara" untuk dokumen web peringkat dapat menjadi subyek manipulasi, dan menyatakan dalam dokumentasi seperti IPO aslinya. Selama bertahun-tahun Google telah mengajukan beberapa paten yang berusaha untuk memenuhi syarat atau meminimalkan dampak dari manipulasi tersebut, yang Google istilah sebagai "spam link".
Spam link terutama didorong oleh pengoptimalan mesin pencari yang berusaha untuk memanipulasi peringkat halaman Google dengan menciptakan banyak inbound link ke situs web baru dari situs web lain yang mereka miliki. Beberapa ahli SEO juga mengklaim bahwa sandbox hanya berlaku untuk frase kata kunci yang sangat kompetitif atau luas, dan dapat menetral dengan menargetkan sempit, atau disebut ekor panjang frase.
Berdasarkan pernyataan dia atas kita bisa menyimpulkan bahwa google memang sangat tidak suka jika kita melakukan/mendapatkan backlink secara berlebihan (spam link) & kita di anggap memanipulasi dalam memperoleh peringkat di google

Jadi kalau menurut pengamatan & analisa saya ke 3 point tersebut yang menyebabkan artikel saya terkena sandbox..

Lalu kira" bagaimana  cara kita agar terlepas dari perangkap google sandbox..!!?

Setelah melakukan googling kesana kemari, akhirnya saya mendapatkan beberapa cara yang di anjurkan oleh teman" blogger lain & bisa saya simpulkan seperti ini..

1.Mengurangi aktifitas seperti pada ke 3 point yang sudah saya sebutkan di atas..
Sebaiknya kita memang mesti mengurangi segala macam optimasi agar tidak berdampak lebih buruk terhadap artikel kita..Lebih baik kita memfaatkan waktu untuk mencari jalan keluar dari google sandbox terlebih dahulu, karena jika sudah terlepas dari perangkap sandbox otomatis artikel postingan kita akan kembali tampil si halaman depan search engine google..

2. Melakukan evaluasi & pengeditan..
Jika kita sudah mengetahui penyebab dari google sandbox, berarti sudah bisa memulai evaluasi terhadap artikel yang terkena sandbox tersebut dengan mencari kesalahan" yang mungkin ada & lakukan pengeditan pada artikel tersebut dengan menambahkan atau mengurangi beberapa kalimat di artikel tersebut & mengurangi penumpukan kata kunci..

3. Tetap Mengupdate konten
Kita semua pasti tahu,jika google sangat menyukai artikel yang fresh, dengan tetap melakukan update konten google akan lebih sering mampir & merayapi halaman di web/blog kita & akan menganggap web/blog kita bisa memberi informasi yang bermanfaat & itu akan berdampak sangat baik di untuk blog kita..

4. Membuat artikel dengan tema google sandbox.
Sebaiknya persiapkan juga sebuah artikel yang membahas tentang google sandbox, contohnya seperti artikel ini. Di dalam artikel sebaiknya jangan lupa memberikan internal link ke artikel yang terkena google sandbox &i external link ke google.co.id & google.com serta ke wikipedia & Google Webmaster Guidelines. lalu submit artikel dengan tema sandbox tersebut ke add url google

5. Submit ulang sitemap web/blog anda
Upaya ini kita lakukan agar search engine google kembali merayapi semua halaman web/blog kita & ping halaman utama web/blog anda..

6.Melakukan Reconsideration Request di Google Webmaster
Lalu isi dengan kata"/kalimat seperti ini  pada kolom yang telah di sediakan "Please review my blog, it seems that one of my article isn't indexed in search engine".. Paling lama sekitar 2 minggu akan ada balasan berupa pesan di webmaster google akun blog kita.

7. Berdo'a..
Langkah terakhir yang sebaiknya anda lakukan adalah memperbanyak berdo'a  agar artikel kita bisa segera terlepas dari perangkap google sandbox, jangan pernah mengangap remeh do'a, karena doa sudah terbukti sangat ampuh mengatasi masalah yang sedang kita hadapi.

Oke sobat, sekian dulu artikel Cara Keluar Dari  Google Sandbox Mudah"an bermanfaat

Sumber referensi
- Wikipedia
- Blogedex
Sumber gambar
http://ardhastres.blogspot.com

Odhzar Jhadeya
Bisnis Affiliate Marketing



@



26 komentar:

Tips Trik SEO Blogger Pemula mengatakan...

thanks atas artikelnya sob..

AZLA mengatakan...

Tutorialnya memang sangat membantu dan berguna sekali sobat.
Terima kasih sudah berbagi

Odhzar Jhadeya mengatakan...

I do not understand your point, what do you mean RSS for and want to join in where ..!?

Thank you for your visit here ..
But I beg you to please leave a link because it is hurting my life.

Odhzar Jhadeya mengatakan...

Sama" sobat..
Terima kasih juga untuk kunjungannya..

Odhzar Jhadeya mengatakan...

Sama" sobat..
Thanks ya dah mampir di sini..

Reo Adam mengatakan...

sampai saat ini saya belum pernah kena google sandbox,atau mungkin saya yg tak pernah ngeceknya.
terimakasih boss atas urainya sangat membantu saya nih.

salam, sukses boss hehe

Payz0 mengatakan...

ya tadi saya juga baca artikel yang berhubungan dengan google sandbox.. tetapi lebih parah.. yaitu malah blognya langsung terhapus...

Tapi tadi ane coba cek ke sandbox checker pake beberapa blog, termasuk blog yang baru di buat infonya sama semua sob.. yaitu "Your site is still in google Sandbox. Contact support@searchenginegenie.com to get you out of Sandbox."

Sebenarnya tu situs benar gak cek nya

Odhzar Jhadeya mengatakan...

Mudah" bisa terus demikian ya..
Selama kita bisa main aman tanpa srabat srobot melanggar aturan google ya kemungkinan besar akan aman" aja..

Sama" sobat..
Thanks juga nih atas kunjungannya..

Odhzar Jhadeya mengatakan...

Benar banget sob..
Resiko tingkat lanjut ya ke banned..
Sudah tingkat stadium akhir tuh..hehe^

Benar juga sob..
Setelah saya amati lebih teliti,ternyata benar seperti yang sobat jelaskan,itu tools tersebut memang tidak valid dalam memberikan data..
Mungkin cuma akal"an pengelolanya saja agar kita mau berkonsultasi dengan mereka & membayar mereka untuk solusinya..

Kalau tools yang ini baru valid sob
Bisa juga buat ngecek data" lain blog kita..
http://toolbox.gabblet.com
www.searchenginegenie.com

Thanks ya masukkannya..

Stiker Jalingkut mengatakan...

postingannya sangat membantu sekali mas. trmksih banyak dah berbagi mas.

Odhzar Jhadeya mengatakan...

Sama" sobat..
Terima kasih juga ya atas kunjungannya..

Unknown mengatakan...

Anaa jg prnah ngecek diweb yg direferensikn diats hslx senasip agan msk prangkap google sandbox,pdhl klu alasanx sprti yg dipaparkn diats rasax anaa hmpir bs diblg jrg optimasi. Prnah baca katax jg bs jd krn trll bnyk link klr, nah klu yg ini mgkn bg blog anaa kmrn sblm custom domain.

Anaa lbh prcaya data dr webmaster tools, lbh valid.

Btw trima ksh info dan apresiasix di blog anaa. Ditunggu silaturahim brikutnya, dan brikutnya.

Payz0 mengatakan...

Terus semangat sob... walaupun badai pasir google menerjang.. tapi blog tetap berkarya

Odhzar Jhadeya mengatakan...

Terima kasih sobat atas masukannya..

IQ Online Mart mengatakan...

.: TQ 4 ur share, ane malah kaga' tau dah pernah kena sandbox atau belon...^_^

Dangelto mengatakan...

termkasih sob,,mudah2an bisa keluar..

my diary zone mengatakan...

thx mas infone...
kayaknya my blog juga kena sandbox dalam beberapa bulan ini, banyak posting lama yang hilang dari peredaran dan yang paling parah setiap posting baru tidak pernah ke index.
beberapa tip diatas telah di coba tp tetep saja mas brow.
ya walau my blog itu BLOG MANDUL, tapi tetep saja sandbox ini menjengkelkan :/ jadinya pengen hiatus.
kalau bisa tolong datang mas brow and tolong kasih solusi yang lebih cespleng

seribu kali thanks ^-^

Tutorial Blog dan SEO Untuk Pemula mengatakan...

Tips yang sangat membantu sekali mas.,.

Buat jaga-jaga kalau terkena google Sandbox heheh

service infocus jakarta timur mengatakan...

makasih banyak infonyani, sangat bermanfaat

obat tradisional wasir mengatakan...

kunjungan siang semoga sukses selalu..

Unknown mengatakan...

Sudah sy coba bung, memang kmarin bisa keluar,,,tp pas coba backlink lagi,,,malah terjebak kotak pasir lagi...
haduuhh

Anonim mengatakan...

masih pusing gan, udah 4 kali keluar masuk sandbox, mana blog satu-satunya lagi.

tutorial photoshop mengatakan...

wah mungkin blog saya kena sandbox, karena tiba2 Kwnya pada ngilang, dan nyaris tidak ada pengunjung dari google

makasih infonya

obat batuk anak mengatakan...

Blog saya lgi kena mas ,,,, makasih ya saran2 nya

Unknown mengatakan...

Terimakasih bang Odhzar sudah 1bulan ini belum bisa keluar dari SANDBOX waloupun sudah golang-goling di BLOG nya teman" semua... Tapi belum dapat hasil nya, semoga saja setelah membaca artikel nya bang Ohdzar dan mengikuti saran nya ini bisa terbebaskan dari SANDBOX, amin... terimakasih ya bang Ohdzar tolong di bing-bing...

Unknown mengatakan...

Cara Ampuh Mengatasi Artikel Blog Yang Kena Google Sandbox

Posting Komentar - Kembali ke Konten

Cara Keluar Dari Google Sandbox